Apa Yang Harus Saya Lakukan Jika Jaringan dan Perangkat Bermasalah?

Diubah pada Thu, 21 Mar pada 4:27 PM

Apabila pengguna TipTip mengalami suatu kendala jaringan saat sedang melakukan live video sesi atau saat menikmati serta mengupload karya digital. Silakan coba beberapa langkah untuk memperbaiki kendala tersebut. Sangat penting untuk pengguna untuk mencoba tahapan dari yang paling pertama dari beberapa langkah-langkah dibawah, ya.


Jika memang kendala sudah bisa diselesaikan, pengguna TipTip tidak perlu mengikuti langkah lainnya. 


  1. Update Aplikasi TipTipmu dengan versi terbaru dan pastikan Anda memberikan ijin atas akses pada speaker, media player, dan juga camera.

  2. Lakukan refresh browser atau lakukan clear cache pada device/browser yang digunakan. 

  3. Silakan untuk melakukan pengecekan terhadap kecepatan dan latensi internet yang dimiliki dengan menggunakan website pengetesan kecepatan internet yang banyak tersedia. 

  4. Restart router atau modem yang digunakan. Restart router dan modem dapat dilakukan dengan merestart atau melepaskan/mematikan koneksi listrik pada perangkat, hal ini bisa dilakukan selama 60 detik.

  5. Restart perangkat mobile/gadget yang digunakan. Restart perangkat mobile dengan melakukan restart perangkat atau mematikan kemudian nyalakan kembali.

  6. Cek software atau operating system perangkat

    Pastikan jika perangkatmu, telah memiliki operating system atau software terbaru. Sehingga berbagai aplikasi dapat berjalan dengan baik diperangkatmu.

    Untuk iPhone/iPad (iOS), masuk ke menu "Settings" > "General" > "Software Update"
    Untuk Android, masuk ke menu "Settings" > "About Phone" > "Check for Update"


Jika pengguna TipTip masih mengalami kendala setelah melakukan semua langkah-langkah diatas. Kemudian pengguna dapat menghubungi TipTip Help Care dengan melampirkan screenshot pengecekan kecepatan tersebut agar dapat dicek lebih lanjut.


Note: Pengecekan kecepatan internet harus dilakukan dengan jaringan internet yang sama saat Pengguna memiliki kendala pada platform TipTip. Penggunaan beberapa perangkat dalam jaringan internet yang sama dapat menyebabkan buffering. Coba, kurangi jumlah perangkat pada jaringan internet kamu dan lihat bagaimana kualitas internet pada pada aplikasi atau website TipTip-mu.

Apakah artikel ini membantu?

Bagus!

Terima kasih atas umpan balik Anda

Maaf! Kami tidak dapat membantu

Terima kasih atas umpan balik Anda

Beri tahu apa yang harus kami perbaiki dari artikel ini!

Pilih setidaknya salah satu alasannya
Verifikasi CAPTCHA diperlukan.

Umpan balik terkirim

Kami menghargai upaya Anda dan akan mencoba memperbaiki artikel tersebut