Persiapan Membuat Karya Konten-mu!
Kreator dan Komunitas pasti ingin karya konten yang dibuat bisa dinikmati sebanyak mungkin Suporter dan anggota Komunitas. Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa dipersiapkan saat akan membuat karya. Karya kontenmu dapat berupa konten gratis ataupun berbayar untuk dapat dimonetisasi olehmu.
1. Tentukan Karya yang akan Dibuat
Saat memilih karya konten, pertimbangkan apa yang kamu suka atau expert dan banyak orang yang membutuhkan, setelah itu, pertimbangkan apakah orang mau membeli konten tersebut.
Apabila kamu sudah memiliki audience atau member komunitas, akan lebih mudah untuk mencari tahu apa yang audience atau member komunitas perlukan. Kemudian buatlah versi eksklusif yang kira-kira memiliki nilai jual untuk dibeli audience kamu atau member komunitasmu. Pertimbangkan juga apa yang sudah ada di pasar dan menjual dan kamu bisa buat versi kamu sendiri yang berbeda dan memiliki nilai lebih untuk audience kamu atau member komunitas.
TipTip dapat menjual berbagai jenis konten yang dimiliki oleh Kreator, baik Video, Dokumen, ataupun Aset Digital seperti Audio, Stock, dan lainnya. Jadi pertimbangkan juga hal menarik yang kamu bisa buat dalam berbagai bentuk konten tersebut.
2. Proses Produksi Konten
Proses produksi akan berbeda sesuai jenis konten yang dibuat. Namun agar konten bisa terjual dengan optimal di TipTip, persiapkan beberapa hal berikut:
i. Karya Konten yang dijual
Ketika melakukan produksi konten, pertimbangkan harga yang akan dijual, sehingga kualitas karya akan menyesuaikan harga tersebut. Namun tidak ada salahnya untuk sebisa mungkin buatlah karya sebaik mungkin dengan harga yang kompetitif.
Apabila konten yang dijual akan bersifat komersil, pastikan konten telah bebas dari materi yang melanggar Hak Cipta, terutama dalam bentuk potongan video, foto, atau lagu. TipTip tidak bertanggung jawab dan berhak untuk take down content yang melanggar Hak Cipta atas dasar laporan dari user atau pemilik Hak Cipta.
ii. Poster Karya Konten
Poster dan judul adalah hal pertama yang dilihat oleh Suporter, sehingga semakin menarik dan menjual akan semakin besar kemungkinan bagi Suporter untuk melihat dan membeli kontenmu.
Berikut beberapa tips untuk membuat poster di TipTip:
Ukuran cover foto dengan ratio 1:1
Wajah kreator terlihat jelas
Judul dan nama juga dicantumkan
Harga bisa dicantumkan (optional)
Ada logo TipTip download disini (optional)
Menggunakan aplikasi untuk desain yang menarik seperti Canva maupun Adobe Photoshop
iii. Teaser Karya Konten
Hampir semua suporter yang akan membeli konten akan menonton teaser terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli, sehingga Teaser yang menarik akan menentukan seberapa menjual konten tersebut. Konten apapun yang dibuat, teaser yang tersedia tetap berbentuk video, sehingga siapkanlah teaser terbaikmu!
Berikut beberapa tips untuk membuat teaser:
Video Teaser Maksimal 1 Menit merangkum point-point menarik yang ada di dalam content digital.
Video teaser harus dalam bentuk landscape
Video Teaser harus memiliki kualitas video minimal 720p
Contoh Storyline Teaser:
Buka dengan cerita atau aspirasi (customer pain point) → untuk mendapat perhatian dari penonton
Personalisasi dari Kreator yang membuat konten → membangun kredibilitas
Problem dan isu dari topik yang diangkat
Apa yang didapat oleh para pembeli setelah menonton videonya
Ceritakan apa yang berbeda / exclusivity → “Saya belum pernah membagikan topik atau kisah ini di platform lainnya”
Berikan quotes menarik dari Kreator
CTA → mention TipTip (exclusive hanya di TipTip)
iv. Deskripsi Karya Konten
Deskripsi adalah tulisan yang membantu menjual karya konten kamu. Untuk itu, perhatikan poin-poin berikut ketika mencantumkan deskripsi:
Jelaskan isi dari konten secara singkat, padat, jelas dan gunakan kata-kata yang mudah dimengerti.
Berikan informasi mengenai apa keuntungan bagi suporter ketika membeli konten ini.
Berikan kalimat-kalimat hook yang membuat kontenmu lebih menjual.
v. Panduan Lainnya
Apabila mengunggah karya berupa gambar/image, pastikan cover image tidak sama dengan isi karya-mu untuk menghindari gagalnya proses verifikasi.
Apakah artikel ini membantu?
Bagus!
Terima kasih atas umpan balik Anda
Maaf! Kami tidak dapat membantu
Terima kasih atas umpan balik Anda
Umpan balik terkirim
Kami menghargai upaya Anda dan akan mencoba memperbaiki artikel tersebut