TipTip Community adalah Fitur terbaru dari TipTip untuk kamu yang memiliki komunitas atau organisasi. Fitur ini dibuat untuk memberikan rumah digital bagi komunitas untuk menjalankan aktivitasnya. TipTip Community bisa menjadi tempat untuk engage antar anggota, menjadi tempat untuk mendapatkan anggota baru, dan tempat untuk membuka sarana monetisasi baru bagi komunitas.
Untuk bisa membuat profil Komunitas, pertama pastikan sudah membuat akun di TipTip. Proses mendaftar Akun TipTip, silahkan kunjungi halaman berikut
Cara Membuat Profil Komunitas:
1. Kunjungi halaman akun TipTip melalui browser, maupun lewat menu di dalam aplikasi TipTip pada perangkat kamu. Lalu klik menu “Komunitas”
2. Klik tombol “Cus Buat Komunitas” untuk proses selanjutnya
3. Isi form dengan “Nama Komunitas”, setelah itu silahkan pilih “Kategori” yang sesuai dengan komunitas yang kamu kelola, terakhir buat “Deskripsi” yang menarik dan dapat merepresentasikan komunitas kamu. Apabila sudah terisi, klik tombol “Selanjutnya”.
4. Selanjutnya kamu bisa Isi form Detail Anggota dengan “Berapa jumlah anggota yang aktif di komunitasmu”, setelah itu silahkan pilih “Berapa rata-rata usia anggota di komunitasmu” setelah itu kamu isi "Apa jenis kelamin mayoritas anggota kamu", terakhir kamu bisa isi lokasi komunitas kamu berasa di “Di mana provinsi lokasi komunitas kamu”. Apabila sudah terisi, klik tombol “Buat Komunitas”.
5. Profile Komunitas kamu sudah berhasil dibuat. Melalui profile komunitas kamu bisa manage anggota kamu untuk bergabung, kamu bisa membuat konten digital khusus anggota kamu, dan terakhir kamu bisa menjual Eticket Event khusus anggota kamu. Jangan lupa share profile kamu ke seluruh anggota untuk bergabung di profile komunitas yang sudah kamu buat.
Untuk dapat bekerja sama dengan brand kamu wajib melakukan verifikasi komunitasmu, karena hanya komunitas yang sudah terverifikasi yang akan kami teruskan untuk bekerjasama dengan brand. Untuk detail mengenai verifikasi komunitas kamu bisa cek melalui link berikut
Mengatur Komunitas Menjadi Private
1. Selain membuat halaman Komunitasmu sebagai Public (umum), kamu juga dapat mengatur halaman Komunitasmu menjadi Komunitas Private, di mana bisa membatasi anggota komunitas yang ingin bergabung harus meminta persetujuan untuk bergabung.
2. Selain pada saat membuat profil Komunitas di awal, mengatur Profile Komunitas menjadi Private juga dapat dilakukan di menu "Komunitas Saya" > "Pengaturan" di Content Hub untuk Profile Komunitas yang telah dibuat sebelumnya. Lalu aktifkan tombol "Atur Sebagai Komunitas Privat" seperti gambar di bawah ini.
Untuk saat ini, jika telah mengatur Komunitas menjadi Private maka tidak dapat mengembalikannya ke Public kembali.
3. Jika kamu memilih untuk membuat Komunitas Private, maka kamu perlu melakukan approval atau persetujuan atas anggota yang ingin bergabung pada menu Komunitas di Content Hub kamu, seperti pada gambar di bawah ini.
Berikut Beberapa Hal yang Perlu Kamu Ketahui Ketika Mengelola Profile Komunitas
Cara Upload Produk ke Profile Komunitas
1. Kamu bisa mengupload konten atau event eticket dengan klik “Buat Konten Digital” pada halaman komunitas atau kamu juga bisa langsung ke content hub, dan klik “Buat Produk Baru”, setelah itu ikuti langkah berikutnya untuk melakukan upload, atau kamu bisa cek cara upload konten ke link berikut
2. Di halaman terakhir, kamu akan diberi opsi untuk memilih dimana kamu mau publish produk kamu, antara di profil kreator kamu saja atau di profil kamu DAN profil komunitas.
Cara Melihat Anggota yang Sudah Join
1. Untuk melihat profile anggota yang sudah join di Komunitas kamu, silahkan klik “anggota” pada kolom anggota profile kamu
2. Selain melihat jumlah anggota yang sudah join, Kamu bisa melihat foto profile, username untuk anggota kamu yang berstatus suporter dan nama lengkap anggota kamu yang berstatus kreator.
Cara Edit Profile Komunitas
1. Untuk melakukan edit profile, kamu bisa masuk ke halaman komunitas yang kamu kelola, setelah itu klik “edit profile”.
2. Pada form edit profile komunitas kamu bisa melengkapi atau mengubah data yang tertera seperti:
Foto Profile (Gunakan format JPG atau PNG dengan ukuran 16:9 maks. 5 MB)
Foto Banner (Gunakan format JPG atau PNG dengan ukuran 16:9 maks. 5 MB)
Nama Komunitas
Kategori
Deskripsi
Media Social Komunitas yang kamu kelola
Apabila semua sudah terisi, silahkan klik “simpan” dan profile kamu, dan akan otomatis terupdate.
Pertanyaan yang sering ditanyakan:
Q: Apa itu Profile Komunitas?
A: Profile Komunitas adalah layanan terbaru di TipTip dimana user yang memiliki Komunitas atau Organisasi bisa mempunyai profile tersendiri untuk engage dengan para anggotanya. Selain untuk engage dengan anggota Komunitas, TipTip Community juga bisa menjadi tempat untuk mendapatkan anggota baru, dan komunitas bisa membuka sarana monetisasi baru.
Q: Apakah syarat untuk membuat Profile Komunitas?
A: Untuk pembuatan Profile Komunitas pastikan kamu sudah mempunyai Akun TipTip
Q: Apakah user dapat membuat lebih dari satu Akun Komunitas?
A: Untuk saat ini Satu akun hanya dapat membuat satu profil komunitas
Q: Bagaimana cara memonetisasi melalui Profile Komunitas?
A: Kamu bisa menjual konten digital atau event eticket melalui profile komunitas yang kamu kelola
Q: Apa saja tipe produk yang bisa saya publish di Profil Komunitas?
A: Untuk saat ini tipe product yang dapat dipublish ke komunitas adalah event dan konten digital
Q: Bagaimana cara Komunitas saya bekerja sama dengan brand?
A: Untuk mendapatkan kesempatan bekerjasama dengan brand ternama, Komunitas kamu harus melakukan proses verifikasi terlebih dahulu, untuk informasi mengenai verifikasi akun komunitas silahkan klik link berikut.
Q: Bagaimana cara untuk anggota saya join komunitas yang saya buat?
A: Kamu bisa share link profile komunitas ke calon anggota yang ingin join, atau calon anggota bisa search nama komunitas yang ingin dicari, setelah memasuki profile komunitas, calon anggota bisa klik tombol "Gabung"
Apakah artikel ini membantu?
Bagus!
Terima kasih atas umpan balik Anda
Maaf! Kami tidak dapat membantu
Terima kasih atas umpan balik Anda
Umpan balik terkirim
Kami menghargai upaya Anda dan akan mencoba memperbaiki artikel tersebut