Cara Melakukan Verifikasi Rekening di Akun Kreator TipTip

Diubah pada Tue, 4 Feb pada 5:05 PM

Halo Pengguna TipTip!


Demi kenyamanan kamu dalam proses penarikan saldo penghasilan maupun berjualan E-Ticket  di TipTip, Kreator diwajibkan untuk mengisi data untuk verifikasi. Berikut ini merupakan fitur dimana Kreator dapat memasukkan data pribadinya untuk TipTip lakukan verifikasi data kamu.


Syarat dan Ketentuan

  1. Verifikasi Rekening saat ini bisa diajukan melalui halaman web atau aplikasi di TipTip. 

  2. Untuk melakukan verifikasi akun, kami merekomendasikan agar Kreator melakukan verifikasi nomor telepon terlebih dahulu.

  3. Verifikasi Rekening hanya tersedia untuk rekening yang dikeluarkan oleh Bank di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  4. Verifikasi Rekening hanya untuk Warga Negara Indonesia.

  5. Verifikasi Rekening dapat menggunakan KTP pemilik akun.

  6. Verifikasi Rekening membutuhkan Nomor dan Foto KTP, Nomor dan Foto NPWP, Alamat, Bank Tujuan Transfer, Nomor Rekening, serta Nama Pemilik Rekening.

  7. TipTip menjamin keamanan dan kerahasiaan data pribadi pengguna sesuai peraturan perundangan yang berlaku di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Langkah Melakukan Verifikasi Rekening:

  1. Masuk ke halaman web atau aplikasi TipTip, kemudian log in ke akun Kreator kamu dan klik "Menu".

  2. Kamu bisa klik menu "Content Hub" dan pilih menu "Verifikasi Data" untuk mengisi data yang dibutuhkan, Berikut langkahnya:  

  3. Isikan data-data sesuai kolom yang tersedia, pastikan bahwa data sudah benar dan sesuai:

    • Untuk Data Pribadi silahkan input nama lengkap, alamat sesuai identitas dan no hp.

    • Untuk alamat kamu wajib mengisi kolom “Alamat sesuai identitas” sedangkan untuk kolom “Alamat sesuai domisili” tidak bersifat wajib, kamu bisa mengisi apabila alamat domisili kamu yang sekarang berbeda dengan alamat yang tercantum di identitas.

    • Upload identitas dengan masukan nomor dan foto identitas sesuai dengan form yang tersedia, pastikan juga kamu belum pernah mengupload identitas kamu di TipTip sebelumnya.

    • Terakhir silahkan lakukan “Selfie dengan (KTP)” yang kamu pakai sesuai dengan instruksi yang tertera, pastikan wajah dan KTP terlihat jelas.

    • Apabila data yang kamu input sudah sesuai, selanjutnya klik “Simpan & Lanjutkan” untuk ke proses berikutnya.

  4. Langkah selanjutnya adalah melakukan pengisian rekening bank yang akan digunakan untuk penarikan penghasilan pada Kreator atau Komunitas dan komisi pada promotor. Apabila sudah diisi, silahkan baca syarat dan ketentuan mengenai penggunaan rekening dan tandai persetujuan syarat dan ketentuan berikut. Apabila sudah klik “Simpan & Lanjutkan” untuk proses berikutnya
  5. Langkah berikutnya wajib diisi untuk kamu yang memiliki NPWP, Masukan NIK, Nomor NPWP dan Upload foto NPWP sesuai dengan form yang tersedia. Jika tidak/belum mempunyai NPWP, maka bisa menggunakan NPWP milik kerabat dengan persetujuan sebelumnya. Untuk lebih jelasnya bisa menghubungi TipTip Help Care.
    Jika sudah terisi semua silahkan klik “Simpan & Lanjutkan” untuk ke proses berikutnya. 
  6. Langkah terakhir silahkan cek kembali semua data yang sudah diinput melalui ringkasan data, apabila sudah sesuai silahkan tandai persetujuan dan klik “Verifikasi sekarang”
  7. Silahkan tunggu max 1x24 jam hari kerja untuk proses verifikasi kamu.


Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Q: Apakah saat ini proses verifikasi rekening dapat menggunakan aplikasi TipTip di Android/iOS?

A: Apabila kamu melakukan proses verifikasi menggunakan aplikasi TipTip, kamu bisa klik "Menu" dan pilih  "Content Hub" dan pilih menu "Verifikasi Data" untuk mengisi data yang dibutuhkan.


Q: Apakah satu nomor identitas dapat digunakan untuk beberapa akun Kreator?

A: Kamu hanya dapat menggunakan satu nomor identitas untuk satu akun Kreator.


Q: Kenapa status verifikasi rekening saya ditolak?

A: Ada beberapa alasan verifikasi rekening pada akun TipTip kamu ditolak, diantaranya:

  1. Foto unggahan KTP kamu tidak jelas (blur) atau bukan foto KTP sama sekali.

  2. Foto unggahan NPWP tidak jelas (blur).

  3. Data yang kamu masukkan tidak sama dengan data pada kartu identitas (KTP/Paspor) yang diunggah.

  4. Foto Selfie Wajah dengan KTP tidak jelas, blur atau terpotong.

Q: Apa yang harus saya lakukan apabila verifikasi rekening ditolak?

A: Segera perbaiki dan perbaharui data pribadi kamu dan lakukan verifikasi ulang.


Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses verifikasi rekening?

A: Proses verifikasi maksimal 1 hari kerja, baik untuk pengajuan baru maupun untuk pengajuan ulang (perbaikan dan pembaharuan data). Pastikan kamu memiliki jeda waktu beberapa hari kerja sebelum membuat event di TipTip.


Q: Bagaimana cara melakukan perubahan nomor rekening yang telah disubmit dan telah diverifikasi sebelumnya?

A: Kamu dapat melakukan perubahan rekening melalui content hub. Kemudian akan ada OTP ke nomor telepon yang terdaftar untuk memvalidasinya. Pastikan hanya kamu yang mengetahui kode OTP yang dikirim dan jangan dibagikan kepada siapapun termasuk yang mengatasnamakan TipTip. 


Q: Apakah TipTip menjamin keamanan data pribadi saya?

A: Tentu! TipTip menjamin keamanan data pribadi kamu dan tidak akan menggunakannya tanpa seizin pemilik data. Silakan baca Syarat dan Ketentuan untuk penjelasan lebih lanjut.


Q: Saya upgrade akun dari Kreator (Personal) ke Badan Usaha, mengapa tidak dapat memilih NPWP personal?

A: Jika kamu telah upgrade akun ke Badan Usaha maka kamu tidak dapat menggunakan NPWP personal berdasarkan perundang-undangan perpajakan.

Q: Apakah akun TipTip kreator (personal) tetap bisa memilih NPWP perusahaan tanpa harus upgrade ke Badan Usaha?

A: Jika akun kamu adalah kreator (personal) maka hanya dapat menggunakan NPWP personal sesuai dengan perundang-undangan perpajakan.

Apakah artikel ini membantu?

Bagus!

Terima kasih atas umpan balik Anda

Maaf! Kami tidak dapat membantu

Terima kasih atas umpan balik Anda

Beri tahu apa yang harus kami perbaiki dari artikel ini!

Pilih setidaknya salah satu alasannya
Verifikasi CAPTCHA diperlukan.

Umpan balik terkirim

Kami menghargai upaya Anda dan akan mencoba memperbaiki artikel tersebut