Menu Laporan Penjualan Karya-mu

Diubah pada Fri, 12 Jul pada 5:03 PM

Melalui Menu Laporan Penjualan Karya, Kreator diberikan kemampuan untuk melihat informasi mengenai performa penjualan, termasuk sumber pendapatan, histori transaksi, dan rincian pemasukan.

Hal ini memberikan gambaran kepada Kreator untuk mambuat Karya yang lebih sesuai dengan kebutuhan audiens, yang pada akhirnya akan membantu mereka meningkatkan pendapatan.



Untuk mengakses menu tersebut, ada pada Content Hub masing-masing Kreator dengan rincian tampilan seperti di bawah ini.


Daftar Isi


Tampilan Ringkasan Penjualan


Total Penjualan: Merupakan pendapatan kotor (Gross) yang Kreator dapatkan, sebelum dikurangi biaya layanan aplikasi (Platform Fee) dan biaya Promoter.

Total Transaksi: Jumlah Karya yang telah dibeli oleh Suporter.

Lihat Penjualan Saya: Halaman menuju dashboard laporan penjualan.

Note: Nilai total penjualan dan total transaksi akan diperbarui sistem setiap bulan.


Dashboard Ringkasan Penjualan


Pada dashboard ini memudahkan Kreator untuk memahami rekapan pendapatannya yang mencakup jenis produk, total transaksi, total penjualan, pada level SKU produk.

  1. Nama Produk

  2. Jenis Produk: Digital Content, Event, Subscription, atau Live Session.

  3. Total Transaksi: Total transaksi yang telah dibeli oleh Suporter 

  4. Total Penjualan: Merupakan pendapatan kotor (Gross) yang Kreator dapatkan, sebelum dikurangi biaya layanan aplikasi (Platform Fee) dan biaya Promoter.

Note: Nilai total penjualan dan total transaksi akan diperbarui sistem setiap bulan.


Pada halaman ini, Kreator juga dapat memilih periode ringkasan yang diinginkan, atau mengurutkan berdasarkan tipe produk untuk lebih bisa mempersonalisasikan tampilan.



Dashboard Riwayat Penjualan


Pada Dashboard Riwayat Penjualan, Kreator dapat melihat riwayat penjualan produk mereka dan memiliki transparansi yang lebih baik tentang setiap produk yang berhasil terjual di TipTip.


Berikut adalah keterangan yang ada pada Dashboard Riwayat Penjualan:


  1. Tanggal: Merupakan tanggal transaksi terjual di TipTip. Secara default, akan diurutkan berdasarkan transaksi terbaru.

  2. Invoice ID: Nomor invoice/transaksi yang ada di TipTip. Nomor invoice ID ini sangat berguna ketika Kreator ingin bertanya ke TipTip Help Care apabila ada kendala.
    Note: Tidak ada Invoice ID untuk Live Session.

  3. Nama Produk: Judul karya yang dipublikasikan di TipTip.

  4. Jenis Produk: Jenis produk yang dipublikasikan di TipTip (Digital Content, Event, Subscription, Live Session).

  5. Status: Merupakan status-status dari proses penerusan dana ke Balance Kreator.

    1. Diterima berarti pendapatan telah diproses di TipTip dan sudah bisa dilakukan pencairan ke rekening Kreator.

    2. Diproses berarti pendapatan sedang dalam proses verifikasi sebelum diteruskan ke Kreator.

    3. Disiapkan berarti pendapatan sedang ditahan hingga Live Session selesai.

    4. Refund berarti pendapatan tidak diteruskan ke Kreator/dikembalikan ke Suporter.

  6. Total Penjualan: Merupakan pendapatan kotor (Gross) yang Kreator dapatkan, sebelum dikurangi biaya layanan aplikasi (Platform Fee) dan biaya Promoter.

  7. Via Promoter: Sebagai tambahan keterangan jika penjualan karya tersebut berasal dari Promoter TipTip, Community Leader, atau Suporter langsung.


Dashboard Riwayat Penjualan juga dapat dilakukan filter berdasarkan periode transaksi, tipe produk, maupun melakukan pencarian berdasarkan judul karya.



Khusus untuk Kreator/Komunitas atau penyelenggara acara yang mengaktfikan pajak hiburan melalui TipTip maka akan melihat detail pajak hiburan pada halaman detail pendapatan event.



Pertanyaan yang sering ditanyakan


Q: Apakah yang dimaksud pendapatan Gross?

A: Pendapatan Gross merupakan pendapatan kotor yang Kreator dapatkan, sebelum dikurangi biaya layanan aplikasi (Platform Fee) dan biaya Promoter. Nilai yang tertampil pada menu “My Balance” pada Content Hub merupakan nilai aktual (Netto) atas penjualan karya Kreator.


Q: Apa saja produk yang dapat tertampil pada halaman Riwayat Penjualan?

A: Setiap produk yang terjual di TipTip dapat tertampil, seperti Karya Digital, E-Ticket, Live Session, maupun paket Subscription. Khusus untuk Paket Subscription apabila Suporter membeli paket lebih dari 1 bulan, maka proses penerusan dana akan dilakukan bertahap sesuai dengan Syarat dan Ketentuan pada halaman Subscription.


Q: Apakah Menu Laporan Penjualan ini sudah tersedia pada aplikasi TipTip?

A: Saat ini, menu laporan penjualan dapat diakses melalui halaman Content Hub via mobile web. 


Q: Apakah saya dapat melihat Laporan Penjualan akun saya sejak tahun lalu?

A: Maaf, untuk saat ini transaksi yang dapat terekap di menu Laporan Penjualan adalah transaksi yang terjadi dalam kurun waktu 3 bulan ke belakang (maksimal). 


Q: Apakah saya dapat mengunduh Laporan Penjualan tersebut?

A: Saat ini Laporan Penjualan hanya dapat diakses via Content Hub, dan belum dapat diunduh dalam format seperti .xls maupun .pdf.

Apakah artikel ini membantu?

Bagus!

Terima kasih atas umpan balik Anda

Maaf! Kami tidak dapat membantu

Terima kasih atas umpan balik Anda

Beri tahu apa yang harus kami perbaiki dari artikel ini!

Pilih setidaknya salah satu alasannya
Verifikasi CAPTCHA diperlukan.

Umpan balik terkirim

Kami menghargai upaya Anda dan akan mencoba memperbaiki artikel tersebut