Dashboard Saldo Refund (income balance) adalah tempat penampungan dana Pengguna apabila Sesi Premium dan E-Ticket Event yang telah dibooking melalui metode pembayaran non-coin karena tidak dapat terlaksana atau batal karena suatu hal sebelum event atau sesi terlaksana. Pembayaran yang telah dilakukan akan dikembalikan dan tertampil pada halaman Dashboard Saldo Refund.
Apabila penyelenggara menyediakan opsi pengembalian dana, maka pengembalian dana tersebut akan diproseskan ke Saldo Refund pada akun TipTip atau bergantung pada kebijakan penyelenggara event, pembeli maksimal 30 hari kerja (namun tidak menutup kemungkinan akan lebih cepat).
Pengguna dapat melakukan penarikan dananya kembali ke rekening bank pengguna masing-masing dengan minimal jumlah dana adalah Rp. 20.000.
Berikut langkah-langkahnya:
Masuk ke "Menu" pada aplikasi TipTip maupun halaman web TipTip, pilih “Dashboard”.
Pada halaman tersebut, akan tertampil nominal Saldo atas Sesi Premium dan E-Ticket Event yang terbatalkan. Silakan klik “Withdraw”.
Kamu akan diminta untuk melengkapi data terlebih dahulu untuk dapat melanjutkan proses penarikan saldonya. Silakan isi sesuai kolom-kolom yang tertampil, seperti Bank, Nomor Rekening, Nama Pemilik Rekening, dan Nomor HP. Mohon pastikan rekening tujuan sudah benar dan merupakan bank yang terdaftar di negara Indonesia. Untuk pembeli dari luar negara Indonesia, proses pengembalian mengikuti kebijakan lainnya yang ada di TipTip.
Setelah isi data, kamu bisa klik "Withdraw all" untuk menarik semua saldo. Kemudian klik "Continue". Dan akan muncul halaman konfirmasi, lalu klik "Tarik Saldo".
Nama dan nomor rekening yang tertampil hanya ilustrasi
Saldo Refund kamu sudah dalam antrian untuk diproses. Umumnya ini akan diproses segera, atau mohon tunggu maksimal 3 x 24 jam sejak melakukan proses penarikan, dan cek berkala pada mutasi rekening milikmu.
Pertanyaan yang Sering Ditanyakan
Q: Jika melakukan pembelian menggunakan koin, saldo refund akan masuk kemana dan apakah bisa dicairkan?
A: Refund akan diterima dalam bentuk coin dan bisa dicek di Coin Balance. Coin yang dimiliki dapat digunakan kembali kedepannya tanpa khawatir ada batas waktu penggunaan sehingga kamu bisa langsung melakukan pembelian "Layanan virtual" lainnya yang tersedia di TipTip.
Q: Berapakah minimum saldo yang dapat ditarik?
A: Saldo minimum yang dapat ditarik adalah Rp. 20.000.
Q: Apakah penarikan Saldo Refund bisa dilakukan melalui aplikasi saja?
A: Penarikan Saldo Refund dapat dilakukan melalui web maupun aplikasi di perangkat Android & iOS dengan versi minimum 1.23.0. Silakan pastikan versi aplikasi kamu sudah yang terbaru.
Q: Apakah penarikan Saldo Refund bisa ke e-wallet seperti GoPay/OVO/DANA?
A: Untuk saat ini penarikan Saldo Refund hanya dapat diproses ke rekening Bank yang terdaftar di negara Indonesia.
Q: Bagaimana jika ingin melakukan penarikan Saldo Refund sebagian saja?
A: Saat ini kamu tidak dapat melakukan penarikan saldo hanya sebagian saja.
Q: Apakah Saldo Refund bisa digunakan untuk melakukan booking Sesi Premium/beli Karya Digital/beli e-ticket?
A: Saat ini hal tersebut belum dapat dilakukan. Kamu hanya bisa melakukan penarikan Saldo Refund ke rekening Bank yang didaftarkan saja. Namun tidak menutup kemungkinan di kemudian hari Saldo Refund bisa digunakan kembali untuk melakukan booking Sesi Premium, pembelian Karya Digital, maupun pembelian coin untuk tipping.
Q: Apakah rekening yang digunakan untuk penarikan Saldo Refund bisa untuk Bank Luar Negeri?
A: Hal tersebut tidak bisa dilakukan. Kamu hanya dapat melakukan penarikan Saldo Refund ke Bank yang terdaftar di Indonesia. Kebijakan pengembalian khusus pengguna dari luar negeri, akan mengikuti kebijakan lainnya yang ada di TipTip.
Q: Kemanakah Saldo Refund apabila akun saya Kreator dan Sesi Premium yang telah dibooking terbatalkan?
A: Apabila akun kamu sudah menjadi akun Kreator, maka Saldo Refund akan ada di halaman Creator Dashboard.
Q: Saya melewatkan Event atau Sesi Premium yang telah berjalan, apakah bisa mengajukan Saldo Refund?
A: Kamu tidak dapat mengajukan pembatalan/refund atas Event atau Sesi Premium yang telah berjalan.
Q: Saya membeli event tanpa akun TipTip, bagaimana proses pengembalian dana jika ada event yang tercancel atau direschedule?
A: Kebijakan pengembalian khusus pengguna tanpa akun TipTip, akan mengikuti kebijakan lainnya yang ada di TipTip.
Apakah artikel ini membantu?
Bagus!
Terima kasih atas umpan balik Anda
Maaf! Kami tidak dapat membantu
Terima kasih atas umpan balik Anda
Umpan balik terkirim
Kami menghargai upaya Anda dan akan mencoba memperbaiki artikel tersebut