Cara Beli Ticket Event di TipTip Tanpa Akun

Diubah pada Thu, 28 Nov pada 2:47 PM

Sekarang TipTip hadir untuk memudahkan pengguna yang ingin melakukan pembelian e-ticket event tanpa harus membuat akun terlebih dahulu. Namun untuk kenyamanan, TipTip merekomendasikan agar membuat akun di TipTip terlebih dahulu. Karena perlu diketahui bahwa tidak semua event yang dijual di TipTip dapat dibeli tanpa akun (Guest Purchase).


Berikut ini cara melakukan pembelian e-ticket event di TipTip tanpa akun.


  1. Kunjungi halaman TipTip melalui web, atau menggunakan aplikasi TipTip di perangkat iOS maupun Android. 

  2. Pada halaman utama, silakan cari event yang ingin dibeli.

  3. Pada event yang ingin dibeli, klik “Beli Sekarang”.

  4. Masukkan Informasi Kontak dan Detail Peserta yang sesuai. Harap masukkan Nomor HP dan Email yang aktif, karena detail e-ticket event dari pembelian akan dikirimkan ke Nomor HP dan Email yang diinput. Kemudian, jangan lupa untuk centang pilihan “Kirim Ticket Melalui WhatsApp”.

  5. Jika sudah, klik “Bayar Sekarang” untuk melanjutkan. Lalu akan ada konfirmasi data, silakan klik “Sudah Benar, Lanjutkan”. 

  6. Terdapat metode pembayaran yang bisa dipilih, diantaranya BCA Virtual Account, Kartu Kredit/Debit, maupun Metode Pembayaran Lain (Bank Transfer, QRIS, dan Retail Outlet). Klik “Bayar Sekarang” untuk melanjutkan pembayaran. Kamu juga bisa cek status pembayaran dengan klik "Cek Status Pembayaran".

  7. Setelah pembayaran berhasil, kamu akan menerima notifikasi e-ticket yang telah dibeli melalui Email dan WhatsApp. Klik "Lihat Ticket" (via E-Mail) atau klik link yang diberikan di WhatsApp untuk melihat e-ticketnya. Harap simpan notifikasi tersebut, dan jangan memberikan e-ticket kepada pihak lain.ABABAB

  8. Tunjukkan e-ticket yang telah didapatkan saat acara berlangsung kepada pihak penyelenggara. Perlu diperhatikan bahwa QR Code e-ticket yang telah dibeli bersifat confidential/rahasia dan tidak diperkenankan untuk disebarluaskan kepada pihak lain, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat hari penukaran tiket.


Pertanyaan yang sering ditanyakan


Q: Apakah tiket event yang sudah dibeli dapat direfund karena alasan tertentu?

A: Tiket event di TipTip yang sudah berhasil dibeli tidak dapat dilakukan refund. Terkecuali adanya keputusan dari pihak penyelenggara acara sesuai dengan syarat dan ketentuan pihak penyelenggara.


Q: Apakah satu kali transaksi dapat membeli lebih dari 1 tiket di event yang sama?

A: Maksimal pembelian untuk 1 kali transaksi adalah 10 e-ticket per SKU, namun hal ini dapat berbeda-beda tergantung dari pengaturan tiket pada masing-masing kreator.


Q: Apakah ada biaya tambahan saat melakukan pembelian tiket event di TipTip?

A: Harga yang tertampil belum termasuk biaya tambahan dari platform pembayaran senilai Rp. 2.000 (apabila menggunakan metode Bank Transfer), 2.6% dari harga tiket untuk pembelian dengan Kartu Kredit dan Debit atau biaya layanan dengan metode lain seperti Paylater dan Retail Outlet, yang bergantung pada syarat dan ketentuan penyedia layanan pembayaran.


Terdapat juga biaya tambahan yaitu Pajak Hiburan yang harus diambil oleh pihak penyelenggara acara untuk memenuhi peraturan pemerintah setempat.

*Biaya layanan: Biaya atas penggunaan aplikasi.

**Biaya platform: Biaya atas penggunaan platform pembayaran (termasuk kartu kredit).

***Pajak hiburan: Biaya pajak hiburan.


Q: Saya salah memasukkan email maupun nomor WhatsApp saat pengisian data, bagaimana melakukan perubahannya?

A: Jika sudah melakukan pembayaran dan e-ticket sukses dibeli, kamu tidak dapat melakukan perubahan data. Silakan hubungi TipTip HelpCare untuk dibantu pengecekkan dan validasi atas pembelian e-ticket tersebut. Namun jika belum melakukan pembayaran, kamu dapat melakukan proses pembelian ulang dan pastikan data yang dimasukkan benar.


Q: Apakah tiket event yang sudah dibeli dapat dipindahtangankan?

A: Tiket event yang telah dibeli dapat dipindahtangankan, namun hal ini tetap bergantung dari pihak penyelenggara acara. Mohon untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan pada deskripsi maupun pada e-ticket yang dibeli untuk menghindari kekeliruan maupun kerugian saat event berlangsung.


Q: Apakah saya harus print e-ticketnya?

A: Kamu tidak harus mencetak e-ticket event yang telah dibeli, cukup datang dan tunjukkan e-ticket yang telah dikirimkan melalui Email maupun WhatsApp atau cek pada menu Pembelian di aplikasi, dan dapat menunjukkan ke pihak penyelagara di lokasi acara yang sudah ditentukan.


Q: Apakah ada data diri yang harus diisi saat melakukan pembelian tiket event di TipTip?

A: Perihal ada atau tidaknya langkah selanjutnya mengenai event yang akan berjalan, dapat berbeda-beda tergantung dari penyelenggara maupun jenis event. Namun, apabila ada instruksi lain setelah membeli ticket dapat kamu pelajari di deskripsi event, maupun pada e-ticketnya. Mohon untuk membaca dan memahami informasi maupun syarat dan ketentuan tersebut untuk menghindari kekeliruan maupun kerugian saat event berlangsung.


Q: Event yang saya beli ada perubahan tempat/waktu (reschedule) oleh Kreator, dan saya tidak bisa mengikuti waktu yang baru. Bagaimana proses pengembalian dananya?

A: Perihal adanya perubahan tempat dan waktu (reschedule) oleh Kreator dan kamu menginginkan pengembalian dana tergantung dengan Syarat dan Ketentuan dari pihak penyelenggara. Silakan hubungi TipTip Help Care untuk mengetahui lebih lanjut. 

Note: Apabila diperbolehkan oleh pihak penyelenggara, dana yang dikembalikan hanya harga dasar yang dibayarkan saat pembelian (tidak termasuk voucher, dan biaya platform pembayaran).


Q: Event yang saya beli dibatalkan Kreator, bagaimana proses pengembalian dananya?

A: Perihal adanya pembatalan event oleh Kreator, pengguna akan mendapatkan pengembalian dana maksimal 30 hari kerja sejak adanya informasi terkait pembatalan event ke Saldo Refund pada aplikasi TipTip atau melalui metode lain bergantung pada kebijakan pihak penyelenggara event. Silakan hubungi TipTip Help Care untuk lebih lanjut.

Note: Dana yang dikembalikan hanya harga dasar yang dibayarkan saat pembelian (tidak termasuk voucher, dan biaya platform pembayaran).


Q: Ticket Event yang telah saya beli mengalami perubahan harga dari Kreator, bagaimana perihal adanya selisih harga tersebut?

A: Kreator dapat menaikkan atau menurunkan harga e-ticket yang dibuat, sehingga pengguna akan dikenakan harga sesuai dengan saat pembelian, dan tidak ada kewajiban untuk menyesuaikan dengan harga yang baru.


Q: Saya sebelumnya beli e-ticket di TipTip tanpa akun, tetapi saat ini saya sudah punya akun di TipTip. Apakah e-ticket saya akan otomatis muncul di akun yang telah saya buat?

A: Untuk saat ini jika kamu telah membuat akun di TipTip setelah melakukan pembelian e-ticket tanpa akun maka e-ticket tersebut tidak akan muncul pada halaman “Pembelian” di akun kamu. Tetapi tidak perlu khawatir, kamu tetap dapat mengakses e-ticket yang telah dibeli tersebut melalui notifikasi via Email maupun WhatsApp dan tetap valid.


Q; Bagaimana mengisi nomor identitas jika KTP saya hilang?

A: Untuk hal tersebut, kamu dapat mempergunakan nomor SIM/Paspor yang dimiliki.


Apakah artikel ini membantu?

Bagus!

Terima kasih atas umpan balik Anda

Maaf! Kami tidak dapat membantu

Terima kasih atas umpan balik Anda

Beri tahu apa yang harus kami perbaiki dari artikel ini!

Pilih setidaknya salah satu alasannya
Verifikasi CAPTCHA diperlukan.

Umpan balik terkirim

Kami menghargai upaya Anda dan akan mencoba memperbaiki artikel tersebut