Cara Lihat E-Ticket yang Dibeli

Diubah pada Tue, 4 Feb pada 9:45 AM

TABLE OF CONTENTS

  1. Cara lihat e-tiket tanpa akun
  2. Cara lihat e-tiket dengan akun


Jika melakukan pembelian melalui guest purchase (tidak melakukan registrasi akun TipTip), maka tiket akan dikirim melalui email atau Whatsapp yang didaftarkan saat melakukan pengisian form pembelian tiket.

Selain mengakses e-tiket melalui email atau WhatsApp, kamu juga dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melihat e-tiket yang telah dibeli:


Cara lihat e-tiket tanpa akun


  1. Masuk ke halaman https://tiptip.id via Web maupun melalui Aplikasi di perangkat iOS/Android, kemudian pilih menu "Pembelian/Purchase". Silakan log out terlebih dahulu apabila Anda telah log in dengan klik Menu > Pengaturan Akun > Keluar dari akun ini.


  1. Ketik alamat email pembeli utama yang digunakan saat pembelian. Kemudian klik “Lihat Pembelian”. Kamu akan diminta OTP yang akan dikirimkan ke alamat email yang digunakan saat pembelian, dan pastikan huruf besar/kecil alamat email sesuai dengan pembelian. OTP akan berlaku selama 5 menit.


  1. Selain menggunakan Email, kamu juga dapat menggunakan Nomor HP utama yang digunakan saat melakukan pembelian. Kamu juga akan diminta OTP yang akan dikirimkan ke Nomor HP (melalui WhatsApp) yang digunakan saat pembelian, dengan format 08XXX maupun 628XXX. OTP akan berlaku selama 5 menit. Perlu diperhatikan kode OTP bersifat rahasia, hanya kamu dengan alamat email atau nomor handphone pembeli yang telah didaftarkan yang dapat menerima kode OTP ini. Pengguna dilarang memberikan kode OTP kepada siapapun untuk keamanan tiket kamu, dan TipTip tidak pernah meminta kode OTP yang dikirimkan kepada pengguna.


  1. Setelah OTP terverifikasi, akan tertampil setiap e-tiket yang dibeli menggunakan Email maupun Nomor HP tersebut.

 


  1. Klik “Lihat Tiket” untuk melihat QR Code e-tiket yang telah dibeli. Pada halaman tersebut jika kamu membeli lebih dari satu tiket akan maka akan tertampil beberapa tiket sesuai dengan jumlah tiket yang kamu beli. Setelah QR Code didapat kamu bisa menunjukkan ke penyelenggara acara di lokasi.


  1. Kamu juga dapat mengunduh e-tiket tersebut dalam bentuk PDF dengan klik tombol panah yang ada sisi kanan atas.


  1. Selain itu kamu juga dapat melihat detail tiket seperti: Lokasi event, Syarat dan ketentuan event, Detail transaksi, maupun menghubungi TipTip Help Care apabila ada pertanyaan, dengan klik titik tiga di kanan atas.


  1. Kamu juga dapat mengajak orang lain untuk membeli dan membagikan event tersebut ke sosial media dengan klik tombol share event.


Cara lihat e-tiket dengan akun


Apabila kamu melakukan pembelian dengan akun, maka setelah e-tiket sukses dibeli, kamu dapat melihat e-tiket tersebut melalui menu "Pembelian" dan tab "Event" pada aplikasi TipTip di perangkat kamu maupun melalui halaman web TipTip.


Selain dari Menu Pembelian pada akun TipTip, e-tiket juga dapat diakses pada email yang telah didaftarkan pada akun TipTip kamu, mohon dapat dilakukan pengecekan pada Inbox (termasuk folder Spam) email yang telah didaftarkan.



Kamu dapat menunjukkan E-Ticket tersebut ke pihak penyelenggara maupun bagian loket penukaran tiket saat acara berlangsung tanpa perlu dicetak. Seperti contoh gambar di bawah ini.



Perlu diperhatikan bahwa QR Code e-tiket yang telah dibeli bersifat confidential/rahasia yang tidak diperkenankan untuk disebarluaskan kepada pihak lain, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat hari penukaran tiket.


Pertanyaan yang Sering Ditanyakan:


Q: Bagaimana untuk keluar atau mengganti ke alamat email lain pada menu "Purchases/Pembelian"?

A: Jika kamu ingin keluar atau mengganti ke alamat email lain pada menu "Purchases/Pembelian" silakan klik icon foto di kanan atas, kemudian pilih "Leave", dan klik "Leave" kembali.


Q: Mengapa QR Code e-ticket saya tertampil seperti ini?



A: Tidak perlu khawatir, demi keamanan QR e-ticket tersebut akan tertampil beberapa hari sebelum acara dimulai sesuai notifikasi pada e-ticketnya.


Q: Apakah ada batasan permintaan OTP per hari untuk melihat e-ticket?

A: Untuk keamanan, TipTip memberlakukan proses mekanisme untuk melihat tiket yang dapat dilihat perhari oleh pengguna. 


Q: Bagaimana jika saya baru menyadari adanya kekeliruan dalam penulisan nama email dan nomor HP saat tiket sudah dibeli?

A: Jangan khawatir, kamu dapat mengonfirmasi hal tersebut ke TipTip Help Care dengan melampirkan bukti pembelian, email yang salah serta email revisinya.


Q: Saya sebelumnya beli e-tiket di TipTip tanpa akun, tetapi saat ini saya sudah punya akun di TipTip. Apakah e-ticket saya akan otomatis muncul di akun yang telah saya buat?

A: Untuk saat ini jika kamu telah membuat akun di TipTip setelah melakukan pembelian e-tiket tanpa akun maka e-ticket tersebut tidak akan muncul pada halaman “Pembelian” di akun kamu. Namun tidak perlu khawatir, silakan untuk mengikuti langkah di atas untuk melihat e-ticketnya.


Q: Bagaimana jika Pengguna ingin memindahtangankan e-tiket ke pihak lain?

A: Pada dasarnya pemindahtanganan e-tiket yang telah dibeli menjadi kebijakan masing-masing pihak penyelenggara acara, pembeli harus memperhatikan syarat dan ketentuan pembelian e-tiket event tersebut, agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan. Namun biasanya, pengguna perlu melampirkan surat kuasa dan identitas pembeli pertama jika ingin melakukan pemindahtanganan e-tiket.


Q: Apakah ada dokumen tambahan yang diperlukan saat proses penukaran tiket?

A: Hal tersebut merupakan kebijakan dari masing-masing penyelenggara acara, yang biasanya akan tertera pada syarat dan ketentuan pembelian e-tiket. Kartu Identitas (KTP/SIM/Kartu Pelajar) mungkin diperlukan dalam proses penukaran e-tiket.


Apakah artikel ini membantu?

Bagus!

Terima kasih atas umpan balik Anda

Maaf! Kami tidak dapat membantu

Terima kasih atas umpan balik Anda

Beri tahu apa yang harus kami perbaiki dari artikel ini!

Pilih setidaknya salah satu alasannya
Verifikasi CAPTCHA diperlukan.

Umpan balik terkirim

Kami menghargai upaya Anda dan akan mencoba memperbaiki artikel tersebut