Cara Beli Ticket Event di TipTip Dengan Akun

Diubah pada Wed, 4 Des pada 10:33 AM

Saat ini, kamu tidak perlu lagi mengantri dan merasakan kerumunan untuk membeli tiket event. Cukup duduk santai di rumah sambil rebahan, kamu bisa beli tiket event favorit secara online di TipTip.

Daftar Isi

Beli Tiket Event di TipTip




1. Untuk beli Tiket Event di TipTip, kamu bisa menjelajahi halaman utama TipTip, dan temukan “Event Terbaru”, atau juga bisa klik menu “Explore” dan pilih tab “Event”. Kamu juga dapat menemukan Event pada halaman profile masing-masing Kreator.

2. Kemudian, pilih event yang ingin kamu datangi. Pada halaman tersebut, kamu dapat membaca deskripsi singkat perihal event yang akan berlangsung dengan scroll halaman ke bagian bawah.

3. Kamu juga dapat menambah/mengurangi jumlah e-ticket yang ingin dibeli sesuai dengan Category yang ada.4. Lalu klik “Lanjutkan”, kamu akan diminta untuk melengkapi Detail Pemesanan terlebih dahulu, seperti: Nama, Email, dan Nomor Telepon. Setelah itu, klik "Lanjutkan" kembali untuk melihat pemesanan. Pada halaman tersebut kamu dapat memastikan kembali bahwa detail yang diinput sudah sesuai, yang jika ada kekeliruan bisa klik "Ubah".

Mohon diperhatikan bahwa setelah melakukan pembayaran maka detail pemesanan tidak dapat diubah, oleh karena itu penting agar memastikan kembali pada halaman Detail Pemesanan data yang sudah terinput dengan benar.



5. Kemudian klik “Bayar Sekarang” untuk melanjutkan pembayarannya. Kamu dapat memilih metode pembayaran sesuai yang tersedia, dan selesaikan pembayaran kamu maksimal dalam 75 menit ke depan (Waktu kadaluarsa pembayaran dapat berbeda-beda pada setiap event) agar pembelian tiket tidak kadaluarsa). Metode pembayaran yang tersedia : Bank Transfer, Kartu Kredit, Paylater, QRIS, dan Retail Outlet.

Note: Nominal pembayaran yang tertera di gambar hanya ilustrasi.

Biaya admin pembayaran dapat berubah sewaktu-waktu.


6. Jika pembayaran telah berhasil, kamu akan mendapatkan notifikasi pembelian berhasil dan dapat melihat tiket event yang telah dibeli pada menu “Pembelian, lalu pilih event yang dibeli dan klik “Lihat Tiket”. Kamu dapat menunjukkan e-ticket tersebut saat acara berlangsung kepada penyelenggara. Atau bila kamu membeli tiket tanpa melalui pendafataran, kamu bisa melihatnya melalui whatsapp atau email yang dimasukan pada saat melakukan pembelian.

7. Berikut adalah contoh e-ticket yang kamu beli, kamu dapat melakukan cetak e-ticket, menunjukan QR Code pada aplikasi atau email pembelian e-ticket. Ada beberapa tiket event, dimana QR Code akan dikirimkan mendekati tanggal event berlangsung dan sesuai dengan Syarat & Ketentuan Event yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara.


Perlu diperhatikan bahwa QR Code e-ticket yang telah dibeli bersifat confidential/rahasia yang tidak diperkenankan untuk disebarluaskan kepada pihak lain, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat hari penukaran tiket.


Memilih Tempat Duduk untuk Pembelian Ticket

Kabar gembira bagi para pengguna yang ingin menghadiri acara seperti konser atau acara yang membutuhkan pengaturan tempat duduk, kini di TipTip pengguna dapat memilih tempat duduk berdasarkan ketersediaan dengan kelas/kategori tiket yang telah dipilih sebelumnya. Dengan fitur ini, pengguna bisa mendapatkan pengalaman yang lebih nyaman dan terencana saat mendatangi acara yang telah dinantikan.


Berikut langkah untuk membeli ticket dengan pengaturan tempat duduk:


1. Kamu bisa menjelajahi event di halaman utama TipTip, atau kunjungi halaman profil Kreator yang ingin kamu hadiri eventnya.

2. Klik “Beli Ticket Event”.

3. Kamu akan dibawa ke halaman pemilihan kursi/tempat duduk pada acara yang memberlakukan seating arrangement. Pada halaman ini, kamu dapat melihat denah kursi yang masih tersedia maupun yang sudah terjual.4. Silakan pilih nomor kursi yang masih tersedia (area hijau). Untuk area yang kamu pilih akan berwarna merah. Jika sudah menentukan tempat duduk yang sesuai, silakan klik “Pesan Sekarang”.5. Masukkan data pemesan yang diperlukan sesuai dengan kolom terlampir. Lalu klik “Pembayaran”.6. Kemudian klik “Bayar Sekarang” untuk melanjutkan pembayarannya. Kamu dapat memilih metode pembayaran sesuai yang tersedia, dan selesaikan pembayaran kamu maksimal dalam 75 menit ke depan (Waktu kadaluarsa pembayaran dapat berbeda-beda pada setiap event) agar pembelian tiket tidak kadaluarsa.

7. Jika pembayaran telah berhasil, kamu akan mendapatkan notifikasi pembelian berhasil dan dapat melihat tiket event yang telah dibeli pada menu “Pembelian”, lalu pilih event yang dibeli dan klik “Lihat Tiket”. Kamu dapat menunjukkan e-ticket dengan nomor kursi tersebut saat acara berlangsung kepada penyelenggara.


Pertanyaan yang sering ditanyakan

Q: Apakah pemilihan nomor kursi saat pembelian e-ticket berlaku di setiap event?

A: Pemilihan nomor kursi saat pembelian e-ticket bergantung dari Kreator maupun event yang akan berlangsung, tidak semua event akan memerlukan pengaturan tempat duduk.


Q: Apakah pemilihan nomor kursi saat pembelian e-ticket bisa dilakukan melalui web dan app TipTip?

A: Jika event memerlukan pengaturan tempat duduk, kamu tetap bisa mengakses dan memilih nomor kursi sesuai ketersediaan baik menggunakan web maupun aplikasi TipTip, ya.


Q: Apakah tiket event yang sudah dibeli dapat direfund karena alasan tertentu?

A: Tiket event di TipTip yang sudah berhasil dibeli tidak dapat dilakukan refund. Terkecuali jika event dibatalkan, dan adanya keputusan dari penyelenggara acara sesuai dengan syarat dan ketentuan penyelenggara.


Q: Apakah satu akun TipTip dapat melakukan pembelian tiket event lebih dari 1 tiket di event yang sama?

A: Maksimal pembelian untuk 1 akun user adalah 10 e-ticket per SKU, namun hal ini dapat berbeda-beda tergantung dari pengaturan tiket pada masing-masing kreator.


Q: Bagaimana untuk memasukkan kode voucher untuk pembelian e-ticket?

A: Kamu dapat memasukkan kode voucher yang dimiliki saat memilih metode pembayaran, dengan klik "Bayar lebih murah menggunakan voucher". Namun, penggunaan kode voucher tergantung dari penyelenggara acara.


Q: Apakah e-ticket event yang sudah dibeli sebelumnya dapat direpurchase/dibeli kembali?

A: Ya, saat ini pengguna sudah dapat melakukan pembelian kembali pada e-ticket yang telah dibeli sebelumnya (SKU yang sama), dan menyesuaikan pembeliannya kembali. Semua e-ticket yang telah dibeli akan tertampil di menu "My Library" pada akun TipTip, atau klik "Lihat Ticket" pada SKU event yang telah dibeli. Jika membeli tanpa melakukan pendaftaran, maka untuk mengecek pembelian bisa melalui whatsapp atau email yang diisi pada saat pembelian tiket. 


Q: Apakah ada biaya tambahan saat melakukan pembelian tiket event di TipTip?

A: Harga event yang tertampil akan dikenakan biaya tambahan dari platform pembayaran senilai Rp. 2.000 (apabila menggunakan metode Bank Transfer) atau senilai 2.6% dari harga tiket (apabila menggunakan pilihan Kartu Kredit dan Debit) dan biaya paylater tergantung dari Syarat & Ketentuan penyedia layanan.

Terdapat juga biaya tambahan yaitu Pajak Hiburan yang harus diambil oleh penyelenggara acara untuk memenuhi peraturan pemerintah setempat.

*Biaya layanan: Biaya atas penggunaan aplikasi.

**Biaya platform: Biaya atas penggunaan platform pembayaran (termasuk kartu kredit).

***Pajak hiburan: Biaya pajak hiburan.


Notes: Biaya di atas hanya akan tertampil pada saat proses check-out pembayaran, dan tidak tertampil pada halaman Riwayat Transaksi.


Q: Apakah ticket event yang sudah dibeli dapat dipindahtangankan?

A: Tiket event yang telah dibeli pada umumnya dapat dipindahtangankan, namun hal ini tetap bergantung dari masing-masing pihak penyelenggara acara. Mohon untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan pada deskripsi maupun pada e-ticket yang dibeli untuk menghindari kekeliruan maupun kerugian saat event berlangsung.


Q: Mengapa nama pada e-ticket yang telah dibeli semuanya sama?

A: Pada saat pembelian e-ticket akan diminta untuk mengisi data pembelian berupa: Nama, Nomor Telepon, E-mail, maupun Data lain yang akan terlihat pada halaman pembelian e-ticket, berapapun jumlah e-ticket yang dibeli. Tidak perlu khawatir, karena hal tersebut tidak menjadi masalah selama kuantiti yang dibeli sudah sesuai dan kode QR berbeda ya. Namun, hal ini dapat berbeda-beda bergantung pada syarat & ketentuan yang dibuat oleh masing-masing penyelenggara acara. 


Q: Apakah detail data E-ticket dapat dibedakan antar peserta yang telah dibeli dalam satu invoice?

A: Perlu diperhatikan bahwa Kreator dapat melakukan pengaturan pada E-Ticket yang dijual berupa detail pemesanan yang berbeda antar pengguna (dalam satu invoice pembelian), sehingga pengguna mungkin perlu melakukan pengisian data berbeda seperti contoh di bawah ini. Jika pembelian lebih dari 1 tiket, kamu dapat memberikan tiket tersebut untuk ditunjukan kepada pihak penyelenggara ke kolega tanpa harus datang bersama pembeli tiket. Namun hal ini tetap bergantung dari pihak penyelenggara acara. Mohon untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan pada deskripsi maupun pada e-ticket yang dibeli untuk menghindari kekeliruan maupun kerugian saat event berlangsung.


Q: Apakah saya harus print e-ticketnya?

A: Kamu tidak harus mencetak tiket event yang telah dibeli, bilamana kamu membeli dengan cara mendaftar akun cukup datang dan tunjukkan e-ticket pada "Pembelian/Purchase" di aplikasi atau notifikasi yang diterima melalui whatsapp atau email di lokasi acara yang sudah ditentukan. 


Q: Apakah pembelian tiket event di TipTip ada kuotanya?

A: Pembelian tiket event di TipTip terdapat kuota yang telah ditentukan oleh panitia/penyelenggara untuk menjaga acara berjalan kondusif.


Q: Dimanakah saya dapat membaca syarat dan ketentuan atas event yang telah saya beli?

A: Perihal syarat dan ketentuan maupun instruksi lain (apabila ada) pada event yang dibeli dapat kamu pelajari di deskripsi event, maupun pada e-ticketnya. Mohon untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan tersebut untuk menghindari kekeliruan maupun kerugian saat event berlangsung.


Q: Apakah ada data diri yang harus diisi saat melakukan pembelian tiket event di TipTip?

A: Perihal ada atau tidaknya langkah selanjutnya mengenai event yang akan berjalan, dapat berbeda-beda tergantung dari penyelenggara maupun jenis event. Namun, apabila ada instruksi lain setelah membeli ticket dapat kamu pelajari di deskripsi event, maupun pada e-ticketnya. Mohon untuk membaca dan memahami informasi maupun syarat dan ketentuan tersebut untuk menghindari kekeliruan maupun kerugian saat event berlangsung.


Q: Event yang saya beli ada perubahan tempat/waktu (reschedule) oleh Kreator, dan saya tidak bisa mengikuti waktu yang baru. Bagaimana proses pengembalian dananya?

A: Perihal opsi pengembalian dana karena adanya perubahan tempat dan waktu (reschedule) oleh Kreator, hal ini bergantung kebijakan syarat dan ketentuan masing-masing penyelenggara. Oleh karena itu penting untuk memahami perihal syarat dan ketentuan pada masing-masing event. 

Apabila pihak penyelenggara menyediakan opsi pengembalian dana, maka pengembalian dana tersebut akan diproseskan ke Saldo Refund pada akun TipTip pembeli atau melalui metode lain tergantung pada kebijakan penyelenggara event, maksimal 30 hari kerja (namun tidak menutup kemungkinan akan lebih cepat). Informasi perihal Saldo Refund Pengguna, dapat dipelajari pada halaman berikut.


Note: Dana yang dikembalikan hanya harga dasar yang dibayarkan saat pembelian (tidak termasuk voucher, dan biaya platform pembayaran).


Q: Event yang saya beli dibatalkan Kreator, bagaimana proses pengembalian dananya?

A: Perihal adanya pembatalan event oleh Kreator, Pengguna akan mendapatkan pengembalian dana maksimal 30 hari kerja sejak adanya informasi terkait pembatalan event ke Saldo Refund pada aplikasi TipTip atau melalui metode lain bergantung pada kebijakan penyelenggara event. Silakan hubungi TipTip Help Care untuk dibantu prosesnya. Informasi perihal Saldo Refund, dapat dipelajari pada halaman berikut.

Note: Dana yang dikembalikan hanya harga dasar yang dibayarkan saat pembelian (tidak termasuk voucher, dan biaya platform pembayaran).


Q: Ticket Event yang telah saya beli mengalami perubahan harga dari Kreator, bagaimana perihal adanya selisih harga tersebut?

A: Kreator dapat menaikkan atau menurunkan harga e-ticket yang dibuat, sehingga pengguna akan dikenakan harga sesuai dengan saat pembelian, dan tidak ada kewajiban untuk menyesuaikan dengan harga yang baru.


Q: Saya mendaftar akun TipTip menggunakan AppleID, bagaimana agar bisa diubah dan saya bisa mendapatkan e-ticket via E-mail?

A: Jika kamu mendaftar akun TipTip menggunakan AppleID maka email yang terdaftar akan seperti contoh berikut: [email protected] namun tidak perlu khawatir karena saat akan melakukan pembelian e-ticket kamu dapat mengisi/mengedit email dan nomor HP secara mandiri pada form pembelian e-ticket di detail Informasi Kontak maupun Detail Peserta, dan pastikan email/nomor HP tersebut aktif agar e-ticket bisa kamu terima.


Apakah artikel ini membantu?

Bagus!

Terima kasih atas umpan balik Anda

Maaf! Kami tidak dapat membantu

Terima kasih atas umpan balik Anda

Beri tahu apa yang harus kami perbaiki dari artikel ini!

Pilih setidaknya salah satu alasannya
Verifikasi CAPTCHA diperlukan.

Umpan balik terkirim

Kami menghargai upaya Anda dan akan mencoba memperbaiki artikel tersebut