Cara Membuat E-Ticket Event di TipTip

Diubah pada Tue, 17 Sep pada 8:50 AM

Saat ini pembuatan Event di TipTip dapat dilakukan oleh Kreator melalui Content Hub dengan mengisi kolom yang telah disediakan, seperti Deskripsi Event, Lokasi dan Tempat Acara, maupun informasi penting lainnya.


Untuk kenyamanan pembeli event kamu, khusus untuk Kreator ataupun Komunitas baru, diharuskan melakukan verifikasi di menu "Verifikasi Akun" dengan mengupload KTP sebelum membuat event di Content Hub.


Selain membuat event berbayar, Kreator juga dapat membuat event secara gratis.



Cara Membuat E-Ticket Event

  1. Kunjungi halaman Content Hub melalui browser, maupun lewat menu di dalam aplikasi TipTip pada perangkat kamu.

  2. Klik tombol “Buat Produk”, lalu pilih “Buat Event”, kemudian akan tertampil kolom-kolom yang harus diisi seputar dengan event yang akan diselenggarakan.

  1. Kamu harus melakukan pengisian kolom yang tersedia. Jangan lupa untuk memberikan deskripsi yang jelas seputar event yang diselenggarakan, juga poster event yang sesuai. Untuk deskripsi kami menyarankan agar melakukan pengetikan langsung pada field yang tersedia untuk menghindari adanya ketidaksesuaian karakter (tidak semua emoticon dapat disupport dan e-ticket tidak dapat diproses/tidak bisa klik "Lanjutkan".

  2. Pada bagian "Tiket Event", silakan klik "Buat Tiket" untuk menambahkan E-ticket yang ingin dijual. Pada bagian ini kamu dapat membuat diferensiasi kelas event jika diperlukan, seperti kelas Festival/Tribun/VIP dan sebagainya dengan perbedaan harga sesuai kelasnya.

  3. Silakan lengkapi detail event pada kolom-kolom yang telah disediakan, pastikan detail terisi dengan jelas dan lengkap, serta dapat merepresentasikan jenis tiket yang akan dijual. Kamu juga dapat melakukan pengaturan waktu mulai dan berakhir penjualan periode tiket, serta diskon kepada pembeli. Setelah lengkap, kamu dapat klik "Simpan" maupun "Simpan & Buat Tiket Baru" jika ingin menambahkan tiket lainnya.

  4. Jika telah selesai membuat tiket, akan kembali ke halaman seperti di bawah ini, dan kamu bisa klik "Publish".

  5. Perlu diketahui bahwa apabila Kreator memiliki Community Profile, maka setelah terpublished akan ada pilihan, apakah event ingin dipublikasikan di halaman Profil Kreator atau di halaman Profil Komunitas, seperti gambar di bawah ini.

  6. Semua event yang diupload akan melewati proses moderasi untuk dicek apakah event yang akan dipublish sudah sesuai dengan Community Guideline TipTip oleh tim TipTip. 


    Silakan tunggu maksimal 2 x 24 jam untuk informasi apabila Event perlu diperbaiki,  Event tidak disetujui atau Event disetujui dari proses moderasi. Kamu bisa cek perihal status karya digital melalui dashboard Content Hub pada menu “My Product” atau pada email yang terdaftar di akun TipTip kamu.

    Event Perlu Diperbaiki:
    Apabila kamu mendapatkan notifikasi “Event Perlu Diperbaiki” atau kamu melihat status “Private” dan “Action Required” pada content hub, saat ini event yang kamu submit masih belum terpublikasi di website TipTip karena memerlukan perbaikan.
    Silahkan cek email atau klik detail produk pada event yang kamu buat untuk mengetahui bagian mana yang harus diperbaiki. Setelah itu kamu bisa langsung melakukan edit pada event tersebut. 
    Apabila sudah melakukan edit kamu bisa kembali klik “Simpan” dan Silakan tunggu maksimal 2 x 24 jam untuk informasi “Event disetujui” atau “Event tidak disetujui” proses moderasi. 

    Event tidak disetujui/Reject:
    Apabila kamu mendapatkan notifikasi “Event belum dapat dipublish” atau kamu melihat status “Rejected” pada content hub, saat ini event yang kamu submit tidak lolos proses moderasi, untuk alasan tidak lolos bisa kamu lihat melalui detail product. Kamu bisa melakukan upload ulang untuk Event, namun pastikan sudah sesuai dengan Community Guideline
    Event disetujui/Published:
    Apabila kamu melihat status “Published” pada content hub, saat ini event yang kamu submit sudah disetujui dan sudah terpublikasi di pada halaman profile kreator atau komunitas kamu. 

  7. Kamu dapat klik tombol “Bagikan”  dan mulai mempromosikan link URL acara kamu melalui sosial media atau WhatsApp, agar semakin banyak yang hadir dan sukses acaranya.

    Berikut adalah contoh event yang berhasil terpublikasi:

Pertanyaan yang sering ditanyakan

Q: Bagaimana cara membuat event di TipTip?

A: Untuk saat ini pembuatan Event di TipTip hanya tersedia bagi kreator dan komunitas yang telah melakukan verifikasi data KYC demi kenyamanan dan keamanan pengguna platform TipTip, untuk melakukan verifikasi KYC silakan ikuti langkah yang ada pada halaman berikut.


Q: Adakah biaya yang dikenakan ke Kreator apabila menjual e-Ticket event di TipTip?

A: Terdapat biaya yang dikenakan untuk setiap e-ticket yang berhasil terjual di TipTip. Namun besarannya dapat berbeda-beda, bergantung pada agreement dengan PIC TipTip. Secara bawaan, kreator akan dikenakan 5% dari setiap e-ticket yang berhasil terjual. Dan jika terjual dari Promoter maka terdapat komisi 10% yang harus dibayarkan dari harga e-ticket.

Untuk lebih jelasnya, bisa mengacu pada tabel di bawah ini:


Kalkulasi penghasilan E-Ticket (Contoh Harga Rp. 100.000):

Komponen Harga
Penjelasan
Contoh
Harga yang diatur Kreator pada Content Hub
(dibayarkan Supporter)

= Harga E-Ticket

Rp. 100.000
Biaya Platform PembayaranFixed rate

Rp. 2.000

Harga yang dibayarkan Suporter

= Harga E-Ticket + Biaya Platform Pembayaran

Rp. 102.000

Biaya Platform E-Ticket

5% dari harga e-ticket*

Rp. 5.000

Komisi Promoter

10% dari harga konten**

Rp. 10.000

Penghasilan Kreator per E-Ticket yang terjual

= Harga E-Ticket - (Biaya Platform E-Ticket + Komisi Promoter)

Rp. 100.000 - (Rp. 5.000 + Rp. 10.000)
= Rp. 85.000

*Besaran komisi tergantung dengan bentuk kerjasama dengan TipTip.

**Besaran komisi Promoter saat ini adalah 10% dari setiap e-ticket yang berhasil terjual. Jika tidak terjual dari Promoter, maka kreator tidak ada kewajiban perihal komisi ini.

***Kreator tidak dapat melakukan perubahan/penyesuaian harga konten setelah berhasil dipublikasikan di TipTip.

****Perihal penarikan penghasilan/pendapatan kreator, merujuk pada artikel berikut.

Q: Apakah pengguna diperbolehkan untuk membeli e-ticket lebih dari 1 kuantiti?

A: Kreator dapat mengatur jumlah kuantiti ticket yang dapat dibeli oleh Suporter pada saat membuat e-ticket. Namun secara default, maksimal pembelian untuk 1 user adalah 10 e-ticket (kuantiti) per SKU. Suporter hanya dapat menambah/mengurangi jumlah e-ticket yang akan dibeli sebelum melakukan pembayaran, apabila sudah melakukan pembayaran maka tidak lagi dapat menambah jumlah pembelian e-ticket pada SKU yang sama.


Q: Kapan Kreator akan mendapatkan pembayaran dari penjualan e-Ticket event di TipTip?

A: Kreator akan mendapatkan hasil penjualan e-ticket pada 1 hari kerja setelah event tersebut terlaksana. Hasil penjualan e-ticket akan tertera pada halaman “My Balance” pada Content Hub, dan dapat dilakukan penarikan ke rekening milik Kreator atau Komunitas yang terdaftar.


Q: Apakah saya dapat memperbarui informasi event yang telah dipublikasikan?

A: Kamu dapat memperbarui informasi event yang telah dipublikasikan melalui Content Hub. Silakan masuk ke My Product”, lalu pilih event yang ingin kamu edit/perbarui, klik "edit".

Perlu diketahui, bahwa kamu sudah tidak dapat melakukan perubahan apapun perihal event 3 hari menjelang event berlangsung.


Q: Bagaimana untuk melakukan perubahan jadwal/lokasi e-Ticket event yang akan berlangsung?

A: Demi kenyamanan acara dan menjaga ekspektasi peserta yang telah membeli e-ticket event, sebaiknya kamu tidak melakukan perubahan jadwal maupun lokasi acara yang akan berlangsung. Namun apabila terdapat hal yang tak bisa dihindarkan, kamu dapat memperbarui informasi event maksimal 3 hari kerja sebelum acara berlangsung.


Q: Bagaimana agar saya dapat melakukan pengaturan seating arrangement pada event yang akan dibuat?

A: Untuk saat ini pengaturan seating arrangement belum tersedia pada Content Hub, silakan hubungi TipTip Help Care untuk informasi lebih lanjut ya.


Q: Apakah Kreator dapat mengkustomisasi detail pemesanan e-ticket untuk Supporter?

A: Tentu! Kreator dapat melakukan pengaturan atau kustomisasi pada e-ticket event yang dijual di TipTip untuk memudahkan pengolahan data sesuai kebutuhan Kreator pada bagian Data Tambahan Pemesan (Opsional).

Diantaranya: Nomor KTP, Kontak Darurat, Alamat Lengkap, Jenis Kelamin, dan lain sebagainya.


Q: Bagaimana agar Suporter dapat mengisi detail pemesanan berbeda pada masing-masing e-ticket yang dibeli?

A: Kreator dapat mengaktifkan pilihan berikut pada pengaturan e-ticket di Content Hub, agar mendapatkan jawaban yang berbeda antar peserta.

Q: Bagaimana agar event yang telah dibuat dapat dipromosikan oleh Promoter TipTip?

A: Jika event yang kamu buat ingin mendapatkan atensi lebih banyak dan punya kesempatan dipromosikan oleh Promoter TipTip, kamu dapat melakukan checklist pada pilihan "Dipromosikan Promoter" saat mengisi detail event pada Content Hub di TipTip. Untuk mempelajari seputar Program Promoter di TipTip, klik di sini.



Q: Dimana Kreator dapat melihat detail Suporter yang telah membeli e-Ticket?

A: Kreator dapat melihat detail Suporter yang telah membeli e-Ticket pada menu “My Product” di Content Hub, atau ikuti langkah-langkah di bawah ini. Kreator juga dapat melakukan pengecekan hasil penjualan pada dashboard Penjualan di sini.

  • Masuk ke Content Hub, pilih “My Product”. Lalu akan tertampil daftar konten dari Kreator.

  • Pilih Ticket Event yang ingin dilihat detailnya, dengan klik tiga titik di sebelah kanan, lalu pilih “Detail Product”.

  • Pada halaman tersebut, akan tertampil detail dari event yang telah dibuat, lengkap dengan daftar Suporter yang telah membeli e-ticket, seperti Username/Nama Suporter/Kode Booking E-ticket. Kreator juga dapat mengunduh detail Suporter dengan klik “Download File”.

Q: Bagaimana jika Kreator ingin membuat event yang sama dengan harga yang berbeda (beda kelas)?
A: Kreator dapat membuat event yang sama dengan harga yang berbeda tergantung dengan kelas maupun hal lainnya seperti bundling dengan merchandise dan sebagainya, dengan cara membuat kategori tiket seperti pada langkah nomor 4 seperti yang dijelaskan di atas. Kreator hanya tinggal menambahkan jenis tiket baru saja. Tampilan pada sisi pembeli akan seperti di bawah ini.


Q: Bagaimana cara mengedit detail e-ticket yang telah dibuat?

A: Kamu dapat mengedit detail e-ticket yang telah dibuat dengan mengikuti langkah di bawah ini:

  • Masuk ke menu "My Product", lalu pilih e-ticket yang ingin diedit.

  • Pada halaman "Detail Produk", silakan klik "Edit".
  • Silakan lakukan perubahan yang diinginkan, dan jika sudah selesai bisa klik "Simpan & Lanjutkan".


Q: Apakah dapat mempublikasikan e-ticket ke halaman profile Kreator dan halaman Profile Komunitas secara bersamaan?

A: Untuk saat ini, Kreator hanya dapat memilih salah satu, yaitu e-ticket ingin dipublikasikan ke halaman profile Kreator atau profil Komunitas saja. Contoh: Jika Kreator memilih mempublikasikan di halaman profille Kreator maka e-ticket tidak akan tertampil di halaman profile Komunitasnya, begitupun sebaliknya.


Q: Dapatkan Supporter membeli e-ticket secara offline atau on the spot?

A: Pada dasarnya, Kreator dapat membuat diferensiasi e-ticket seperti pada langkah di atas No. 4, jika menginginkan event tersedia untuk pembelian on the spot (dengan pembayaran melalui TipTip, tidak dengan uang tunai).

Namun perlu diperhatikan bahwa agar pengunjung yang membeli ticket on the spot juga terdapat dalam data check-in, maka perlu memasukkan e-ticket on the spot tersebut pada proses "Create Check-in" seperti pada artikel berikut.


Q: Apakah bisa dilakukan penyesuaian zona waktu (time zone) untuk membuat event di TipTip?

A: Tentu, kamu dapat menyesuaikan zona waktu event yang akan dibuat di TipTip baik untuk WIB, WITA, maupun WIT.


Q: Bagaimana cara melihat persentase ticket yang sudah terjual di TipTip?

A: Kamu dapat melihat persentase ticket terjual pada Content Hub, pada menu My Product dan pilih Detail Product SKU Ticketnya, kemudian akan tertampil halaman seperti di bawah ini.

Apakah artikel ini membantu?

Bagus!

Terima kasih atas umpan balik Anda

Maaf! Kami tidak dapat membantu

Terima kasih atas umpan balik Anda

Beri tahu apa yang harus kami perbaiki dari artikel ini!

Pilih setidaknya salah satu alasannya
Verifikasi CAPTCHA diperlukan.

Umpan balik terkirim

Kami menghargai upaya Anda dan akan mencoba memperbaiki artikel tersebut