Cara Beli Ticket Event di TipTip

Diubah pada Fri, 19 Jul pada 9:05 AM

Saat ini, kamu tidak perlu lagi mengantri dan merasakan kerumunan untuk membeli tiket event. Cukup duduk santai di rumah sambil rebahan, kamu bisa beli tiket event favorit secara online di TipTip.

Daftar Isi

Beli Tiket Event di TipTip




1. Untuk beli Tiket Event d TipTip, kamu bisa menjelajahi halaman utama TipTip, dan temukan “Event Terbaru”, atau juga bisa klik menu “Explore” dan pilih tab “Event”. Kamu juga dapat menemukan Event pada halaman profile masing-masing Kreator.

2. Kemudian, pilih event yang ingin kamu datangi. Pada halaman tersebut, kamu dapat membaca deskripsi singkat perihal event yang akan berlangsung dengan scroll halaman ke bagian bawah.

3. Kamu juga dapat menambah/mengurangi jumlah e-ticket yang ingin dibeli. Pastikan membeli dengan jumlah yang sesuai sebelum melakukan pembayaran, karena apabila sudah melakukan pembayaran maka tidak lagi dapat melakukan pembelian e-ticket untuk e-ticket yang sama.4. Lalu klik “Beli Tiket Event”, dan akan tertampil ringkasan pembayaran. Namun kamu akan diminta untuk melengkapi Detail Pemesanan terlebih dahulu, seperti: Nama, Email, dan Nomor Telepon.5. Kemudian klik “Bayar Sekarang” untuk melanjutkan pembayarannya. Kamu dapat memilih metode pembayaran sesuai yang tersedia, dan selesaikan pembayaran kamu dalam 1 x 24 jam ke depan agar pembelian tiket tidak kadaluarsa

Note: Nominal pembayaran yang tertera di gambar hanya ilustrasi.

Biaya admin pembayaran dapat berubah sewaktu-waktu.


6. Jika pembayaran telah berhasil, kamu akan mendapatkan notifikasi pembelian berhasil dan dapat melihat tiket event yang telah dibeli pada menu “My Library, lalu pilih event yang dibeli dan klik “Lihat Tiket”. Kamu dapat menunjukkan e-ticket tersebut saat acara berlangsung kepada penyelenggara.

7. Berikut adalah contoh e-ticket yang kamu beli, kamu dapat melakukan cetak e-ticket, menunjukan scan barcode pada aplikasi atau email pembelian e-ticket. 

Perlu diperhatikan bahwa barcode e-ticket yang telah dibeli bersifat confidential/rahasia yang tidak diperkenankan untuk disebarluaskan kepada pihak lain, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat hari penukaran tiket.


Memilih Tempat Duduk untuk Pembelian Ticket

Kabar gembira bagi para Suporter yang ingin menghadiri acara seperti konser atau acara yang membutuhkan pengaturan tempat duduk, kini di TipTip Suporter dapat memilih tempat duduk berdasarkan ketersediaan dengan kelas/kategori tiket yang telah dipilih sebelumnya. Dengan fitur ini, Suporter bisa mendapatkan pengalaman yang lebih nyaman dan terencana saat mendatangi acara yang telah dinantikan.


Berikut langkah untuk membeli ticket dengan pengaturan tempat duduk:


1. Kamu bisa menjelajahi event di halaman utama TipTip, atau kunjungi halaman profil Kreator yang ingin kamu hadiri eventnya.

2. Klik “Beli Ticket Event”.

3. Kamu akan dibawa ke halaman pemilihan kursi/tempat duduk pada acara yang memberlakukan seating arrangement. Pada halaman ini, kamu dapat melihat denah kursi yang masih tersedia maupun yang sudah terjual.4. Silakan pilih nomor kursi yang masih tersedia (area hijau). Untuk area yang kamu pilih akan berwarna merah. Jika sudah menentukan tempat duduk yang sesuai, silakan klik “Pesan Sekarang”.5. Masukkan data pemesan yang diperlukan sesuai dengan kolom terlampir. Lalu klik “Pembayaran”.6. Kemudian klik “Bayar Sekarang” untuk melanjutkan pembayarannya. Kamu dapat memilih metode pembayaran sesuai yang tersedia, dan selesaikan pembayaran kamu dalam 1 x 24 jam ke depan agar pembelian tiket tidak kadaluarsa.

7. Jika pembayaran telah berhasil, kamu akan mendapatkan notifikasi pembelian berhasil dan dapat melihat tiket event yang telah dibeli pada menu “My Library”, lalu pilih event yang dibeli dan klik “Lihat Tiket”. Kamu dapat menunjukkan e-ticket dengan nomor kursi tersebut saat acara berlangsung kepada penyelenggara.


Pertanyaan yang sering ditanyakan

Q: Apakah pemilihan nomor kursi saat pembelian e-ticket berlaku di setiap event?

A: Pemilihan nomor kursi saat pembelian e-ticket bergantung dari Kreator maupun event yang akan berlangsung, tidak semua event akan memerlukan pengaturan tempat duduk.


Q: Apakah pemilihan nomor kursi saat pembelian e-ticket hanya bisa dilakukan melalui web TipTip?

A: Jika event memerlukan pengaturan tempat duduk, kamu tetap bisa mengakses dan memilih nomor kursi sesuai ketersediaan baik menggunakan web maupun aplikasi TipTip, ya.


Q: Apakah pembelian tiket event di TipTip hanya dapat dilakukan melalui web TipTip saja?

A: Pembelian tiket event di TipTip dapat dilakukan melalui halaman web TipTip maupun di aplikasi pada perangkat Android/iOS. Pastikan versi aplikasi di perangkat kamu minimum versi 1.32.0 atau yang lebih baru.


Q: Apakah tiket event yang sudah dibeli dapat direfund karena alasan tertentu?

A: Tiket event di TipTip yang sudah berhasil dibeli tidak dapat dilakukan refund. Terkecuali adanya keputusan dari penyelenggara acara sesuai dengan syarat dan ketentuan penyelenggara.


Q: Apakah satu akun TipTip dapat melakukan pembelian tiket event lebih dari 1 tiket di event yang sama?

A: Maksimal pembelian untuk 1 akun user adalah 10 e-ticket per SKU, namun hal ini dapat berbeda-beda tergantung dari pengaturan ticket pada masing-masing kreator.


Q: Apakah e-ticket event yang sudah dibeli sebelumnya dapat direpurchase/dibeli kembali?

A: Ya, saat ini Suporter sudah dapat melakukan pembelian kembali pada e-ticket yang telah dibeli sebelumnya (SKU yang sama), dan menyesuaikan pembeliannya kembali. Semua e-ticket yang telah dibeli akan tertampil di menu "My Library" pada akun TipTip, atau klik "Lihat Ticket" pada SKU event yang telah dibeli.


Q: Apakah ada biaya tambahan saat melakukan pembelian tiket event di TipTip?

A: Harga yang tertampil belum termasuk biaya tambahan dari platform pembayaran senilai Rp. 2.000 (apabila menggunakan metode Bank Transfer) atau senilai 2.6% dari harga tiket (apabila menggunakan pilihan Kartu Kredit dan Debit).

Terdapat juga biaya tambahan yaitu Pajak Hiburan yang harus diambil oleh penyelenggara acara untuk memenuhi peraturan pemerintah setempat.

*Biaya layanan: Biaya atas penggunaan aplikasi.

**Biaya platform: Biaya atas penggunaan platform pembayaran (termasuk kartu kredit).

***Pajak hiburan: Biaya pajak hiburan.


Q: Apakah ticket event yang sudah dibeli dapat dipindahtangankan?

A: Tiket event yang telah dibeli dapat dipindahtangankan, namun hal ini tetap bergantung dari pihak penyelenggara acara. Mohon untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan pada deskripsi maupun pada e-ticket yang dibeli untuk menghindari kekeliruan maupun kerugian saat event berlangsung.


Q: Setelah pembelian tiket sukses, dimana saya dapat melihat tiket tersebut?

A: Tiket event yang telah kamu beli dapat dilihat pada menu “My Library” pada aplikasi maupun halaman web TipTip, dan kamu dapat menunjukkan e-ticket saat datang ke lokasi acara yang sudah ditentukan.


Q: Mengapa nama pada e-ticket yang telah dibeli semuanya sama?

A: Pada saat pembelian e-ticket akan diminta untuk mengisi data pembelian berupa: Nama, Nomor Telepon, E-mail, maupun Data lain yang akan terlihat pada halaman pembelian e-ticket, berapapun jumlah e-ticket yang dibeli. Tidak perlu khawatir, karena hal tersebut tidak menjadi masalah selama kuantiti yang dibeli sudah sesuai dan kode barcode berbeda ya.


Q: Apakah detail data E-ticket dapat dibedakan antar peserta yang telah dibeli dalam satu invoice?

A: Perlu diperhatikan bahwa Kreator dapat melakukan pengaturan pada E-Ticket yang dijual berupa detail pemesanan yang berbeda antar Supporter (dalam satu invoice pembelian), sehingga Supporter mungkin perlu melakukan pengisian data berbeda seperti contoh di bawah ini. Jika pembelian lebih dari 1 tiket, kamu dapat memberikan tiket tersebut untuk ditunjukan kepada pihak penyelenggara ke kolega tanpa harus datang bersama pembeli tiket. namun hal ini tetap bergantung dari pihak penyelenggara acara. Mohon untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan pada deskripsi maupun pada e-ticket yang dibeli untuk menghindari kekeliruan maupun kerugian saat event berlangsung.


Q: Apakah saya harus print e-ticketnya?

A: Kamu tidak harus mencetak ticket event yang telah dibeli, cukup datang dan tunjukkan e-ticket pada "My Library" aplikasi di lokasi acara yang sudah ditentukan. 


Q: Apakah pembelian tiket event di TipTip ada kuotanya?

A: Pembelian tiket event di TipTip terdapat kuota yang telah ditentukan oleh panitia/penyelenggara untuk menjaga acara berjalan kondusif.


Q: Dimanakah saya dapat membaca syarat dan ketentuan atas event yang telah saya beli?

A: Perihal syarat dan ketentuan maupun instruksi lain (apabila ada) pada event yang dibeli dapat kamu pelajari di deskripsi event, maupun pada e-ticketnya. Mohon untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan tersebut untuk menghindari kekeliruan maupun kerugian saat event berlangsung.


Q: Apakah ada data diri yang harus diisi saat melakukan pembelian tiket event di TipTip?

A: Perihal ada atau tidaknya langkah selanjutnya mengenai event yang akan berjalan, dapat berbeda-beda tergantung dari penyelenggara maupun jenis event. Namun, apabila ada instruksi lain setelah membeli ticket dapat kamu pelajari di deskripsi event, maupun pada e-ticketnya. Mohon untuk membaca dan memahami informasi maupun syarat dan ketentuan tersebut untuk menghindari kekeliruan maupun kerugian saat event berlangsung.


Q: Event yang saya beli ada perubahan tempat/waktu (reschedule) oleh Kreator, dan saya tidak bisa mengikuti waktu yang baru. Bagaimana proses pengembalian dananya?

A: Perihal adanya perubahan tempat dan waktu (reschedule) oleh Kreator dan kamu menginginkan pengembalian dana, silakan hubungi TipTip Help Care untuk dibantu prosesnya. Sebagai informasi, proses pengembalian dana akan dilakukan ke Saldo Refund pada aplikasi TipTip maksimal 30 hari kerja (namun tidak menutup kemungkinan akan lebih cepat) sejak event berlangsung.

Informasi perihal Saldo Refund Suporter, dapat dipelajari pada halaman berikut.

Note: Dana yang dikembalikan hanya harga dasar yang dibayarkan saat pembelian (tidak termasuk voucher, dan biaya platform pembayaran).


Q: Event yang saya beli dibatalkan Kreator, bagaimana proses pengembalian dananya?

A: Perihal adanya pembatalan event oleh Kreator, Suporter akan mendapatkan pengembalian dana maksimal 30 hari kerja sejak adanya informasi terkait pembatalan event ke Saldo Refund pada aplikasi TipTip. Silakan hubungi TipTip Help Care untuk dibantu prosesnya.

Informasi perihal Saldo Refund Suporter, dapat dipelajari pada halaman berikut.

Note: Dana yang dikembalikan hanya harga dasar yang dibayarkan saat pembelian (tidak termasuk voucher, dan biaya platform pembayaran).


Q: Ticket Event yang telah saya beli mengalami perubahan harga dari Kreator, bagaimana perihal adanya selisih harga tersebut?

A: Kreator dapat menaikkan atau menurunkan harga e-ticket yang dibuat, sehingga suporter akan dikenakan harga sesuai dengan saat pembelian, dan tidak ada kewajiban untuk menyesuaikan dengan harga yang baru.

Apakah artikel ini membantu?

Bagus!

Terima kasih atas umpan balik Anda

Maaf! Kami tidak dapat membantu

Terima kasih atas umpan balik Anda

Beri tahu apa yang harus kami perbaiki dari artikel ini!

Pilih setidaknya salah satu alasannya
Verifikasi CAPTCHA diperlukan.

Umpan balik terkirim

Kami menghargai upaya Anda dan akan mencoba memperbaiki artikel tersebut